Assalammu'alaikum...


Dari Abdullah bin Amr, bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW, "Islam bagaimanakah yang lebih baik?" Maka beliau menjawab, "Memberi makan dan mengucap salam kepada orang yang engkau kenal dan tidak engkau kenal."

Pelajaran yang bisa diambil dari hadits ini diantaranya adalah:
1.      Islam memiliki nilai humanisme yang sangat tinggi. Sebab Islam bukan hanya mengatur hubungan kepada Allah, melainkan juga pada sesama.

2.      Memberikan makan kepada fakir miskin dan upaya meningkatkan kesejahteraan mereka merupakan salah satu ajaran Islam yang sekaligus menunjukkan betapa tingginya humanisme Islam;

3.      Muslim hendaknya menciptakan kedamaian di manapun ia berada. Menyebarkan salam kepada siapapun, baik yang dikenal maupun tidak adalah bagian dari upaya ini, sepanjang tidak dikhawatirkan mereka itu orang kafir;

4.      Rasulullah adalah teladan terbaik yang sangat luar biasa. Beliau menjawab pertanyaan dengan jawaban yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan penanya.
Ucapan salam, yaitu "Assalamu'alaikum warohmatulloh wabarakatuh" memiliki arti.
Arti dari masing-masing katanya:

1. "salam", yg berarti "selamat".
2. " 'alaikum", yg berarti "atas kalian"
3. "rahmatullooh", yg berarti "rahmat ALL
AH"
4. "barokaatuh", yg berarti "barokah dari ALL
AH"

So, ucapan salam bila diucapkan :
Assalaamu alaikum ......... 10 kebaikan
warahmatulloh ..................20 kebaikan
wabarokatuh..................... 30 kebaikan

Didalam tradisi Yahudi ternyata juga memiliki kemiripan loh., hanya berbeda lafazh pengucapan aja 

Shalom aleichem (atau sholom aleichem) (bahasa Ibrani שלום עליכם shālôm ʻalêem; bahasa Yiddish שלום־עליכם şolem aleyxem) adalah sebuah salam dalam bahasa Ibrani, yang berarti "Damai kiranya menyertaimu". Jawaban yang tepat adalah "Aleichem shalom".

Bentuk salam seperti ini lazim ditemukan di Timur Tengah. Salam ini dilakukan dalam bentuk jamak - sehingga digunakan untuk menyalami banyak orang - meskipun misalnya digunakan untuk satu orang saja. Sebuah penjelasan religius untuk hali ni ialah bahwa orang menyalami baik tubuh maupun jiwa.

Shalom Aleichem juga merupakan ejaan alternatif bagi nama samaran penulis Yiddish Sholom Aleichem.
Shalom dapat juga diterjemahkan dengan "Damai": damai yang dirasakan secara pribadi, ketenangan dan keseimbangan mental yang mendalam, yang dirasakan sebagai hadiah bagi kita yang menghargai Allah.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Instagram

Get My G+