Mengapa Wanita Mudah Menangis


Pertanyaan ini beberapa kali mengusik saya, “Mengapa wanita mudah menangis dibanding pria?”. Atas dasar itulah saya mencoba menelusuri penyebab yang ‘masuk akal’. Beberapa penelitian dilakukan untuk mengetahui penyebab di balik menangis dan ada berapa jenis air mata serta perbedaan cara pria dan wanita saat menangis.

Wanita secara biologis lebih sering meneteskan air mata dibandingkan pria. Di bawah mikroskop, sel-sel kelenjar air mata wanita terlihat berbeda dari pria. Selain itu, saluran air mata pria lebih besar daripada wanita, sehingga jika seorang pria dan seorang wanita menangis, air mata wanita itu lebih cepat membasahi pipinya.

Menurut penulis buku laris, “The Female Brain” Dr Brizendine, kondisi sosial berperan dalam menahan dorongan untuk menangis. Ketika kita mengalami sakit fisik atau kesedihan karena emosional atau frustrasi, amygdala otak, yang merupakan bagian dari sistem limbik atau “otak emosional,” meransang sinyal. Jika stimulus cukup besar, energi dapat berpindah dari area emosional ke dalam strip motor frontal. Saat itulah napas bisa berkembang menjadi terisak-isak.

Salah satu hormon dalam air mata adalah prolaktin yang merupakan katalis laktasi. Sama halnya dalam membantu menghasilkan susu. Prolaktin juga membantu dalam produksi air mata. Pada wanita saat mencapai usia 18 tahun, mereka memiliki 50 persen dan menjadi 60 persen prolaktin, lebih tinggi dalam aliran darah mereka daripada pria. “Kami percaya ini adalah salah satu alasan bahwa perempuan lebih mudah menangis,” kata Frey. Diantara penyebab mudahnya wanita menangis yatitu;

1. Hormon

Hormon wanita lebih mudah berada di dalam keadaan yang tidak stabil terutamanya apabila wanita datang bulan. Tekanan yang sebelum ini biasa untuk mereka, akan menjadi satu tekanan besar yang mampu untuk membuat wanita menangis. Banyak wanita menyatakan mereka lebih kerap menangis ketika datang bulan (haid). Hal itulah yang terkadang akan membuat wanita menjadi lebih sensitif dari masalah-masalah yang kecil akan menjadi semakin besar

2. Manipulasi

Apkah sahabat tahu bahwa perasaan kebanyakan wanita meyakini, kalau pria itu lemah terhadap air mata wanita? Pemikiran seperti ini telah diterapkan sejak dulu dan menyebabkan setangah wanita menyalahgunakannya untuk memanipulasi sesuatu keadaan itu. Mereka juga yakin bahwa seseorang pria sanggup melakukan apa saja hanya untuk menghentikan tangisan air mata mereka

3. Luapan emosi yang ikhlas

Tidak semua wanita menangis kerana hendak memanipulasi pria, itu hanya segelintir saja. Banyak wanita menangis kerana luapan emosi. Pemikiran seorang wanita lebih mudah dipengaruhi oleh emosi berbanding pertimbangan. Wanita secara automatik akan mengekspresikan sesuatu tindakan itu mengikuti emosi yang sedang mereka lalui, berbanding pria yang selalu mencoba mengawali tindakan mereka supaya tidak terikut dengan rentak emosi mereka sendiri. Ini adalah perbedaan yang kental antara pria dan wanita. Seseorang pria lebih mementingkan pertimbangannya ketimbang luapan emosi perasaannya

4. Kemarahan

Tidak sama seperti pria, wanita lebih cenderung untuk meluapkan kemarahan mereka melalui tangisan
Ini merupakan sifat seorang yang bergelar wanita, terutama apabila sahabat melakukan sesuatu perkara yang mereka tidak suka. Dan semua wanita nyatanya sudah terbiasa bagi mereka untuk meluapkan kemarahan melalui tangisan. Mereka akan merasa lebih tenang selepas itu. Hal ini juga dianggap salah satu alternatif terbaik untuk meluapkan perasaan bagi wanita

5. Memori – Kenangan

Wanita merupakan makhluk ciptaan yang mempunyai pemikiran yang paling kompleks. Mungkin ketika sahabat sedang bergembira dan secara tiba-tiba saja mereka mampu untuk mengingat kenangan lalu yang membuat mereka menangis. Menurut beberapa kajian, wanita lebih banyak mengingati setiap detik kehidupan yang mereka lalui dibanding pria

Sulitnya mereka untuk melupakan masa lalu yang telah banyak dilaluinya membuat mereka merasakan kegalauan dirundung duka setiap mengingatnya. Tangisan memang agak asing bagi pria. Tetapi kesimpulan yang mudah untuk dibuat adalah, apabila wanita menangis, mereka sebenarnya memerlukan pria
Lakukan tanggungjawab sebagai pria sebaiknya untuk menenangkan mereka.

Maka bagaimana pandanganmu tentang linangan air mata wanita ?
Setiap tetesan air mata wanita tentu ada sebabnya, tetapi ingatlah bahwa wanita adalah makhluk yang sangat perasa. Dan karena perasa itulah, maka sebab sekecil apapun akan melukainya.

Ketahuilah...
Kesedihan dan sakit hati adalah angin panas atau energi negatif yang bisa berubah menjadi racun di dalam tubuh. Racun akan keluar bersamaan dengan keluarnya air mata di saat menangis.

Sadarilah...
Wanita atau ibu, dialah yang paling berat beban hidupnya, dia harus mengandung, dia harus menyusui, dan dia harus mengurus rumah tangga. Karena urusan yang besar itulah, maka Allah memberikan kekuatan dan kemampuan yang luar biasa untuk meneteskan air mata ketika menangis. Semua itu tidak lain adalah untuk melepaskan beban, mengembalikan daya tahan dan yang terpenting adalah membersihkan racun dari angin panas dan energi negatif. Dengan demikian, dia bisa tetap sehat dan selamat, sekaligus menyelamatkan anak-anaknya dari semua yang membahayakan dan mempengaruhinya.

Source :

1. likecakra.blogspot.com
2. www.salimah.or.id
3. ghitahansin.wordpress.com


79 komentar:

  1. Ih sayyya bgttttt gennnnn..aplge kl lht dan ngobrol sm ank2 yg krg perhatian sm ortu,bnr g kuat....g tw tb2 ngs aja..terharu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya keibuan atau keanakan ya? hoho., bagus itu mba... namanya sensitif, berhati lembut. Coba kalau kita tidak bisa menangis saat melihat anak durhaka, itu namanya keras hati

      Hapus
  2. Suami menuruti kemauan isterinya yang lagi ngidam (kalo ga keturutan biasanya menangis). Ini masuk yang no. berapa ya mbak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya masuk nomor dua tu pak... manipulasi agar kemauannya dituruti :D

      Hapus
  3. menangis itu indah loh,jika kita ikhlas....hehe
    menangis juga sehat....tapi apakah salah jika seorang lelaki menangis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gak juga... Rasulullah pun menangis sampai janggut beliau basah :)

      Hapus
  4. kalo istri saya menangis, obatnya gampang, melucu yang baik atau menggitar yang asyik.
    tapi memang wanita tanpa menangis, bukan wanita sejati ya Mbak. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wanita mudah menangis tapi juga mudah mudah dirayu pak :D

      Hapus
  5. Ini nih yang saya ga tahan, kalo istri menangis marah jadi ilang...hehe..emang senjatanya yah

    BalasHapus
  6. .: O..., saya pikir karena wanita lebih banyak mengandung air...(he...he...he).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ealaahhh, memangnya kita ganggang :D

      Hapus
  7. oh begitu to
    menangis itu juga sehat dan manfaatnya banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jangan kelamaan dan keseringan aja... bisa biru ntar matanya :D

      Hapus
    2. yalah sob sebentar aja untuk menenangkan pikiran and hati

      Hapus
  8. wahai wanita, jangan cengeng dong... wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cengeng boleh aja ah asal ada tempat dan waktu... kamu juga begitu kaan.. Hoho :D

      Hapus
  9. Ternyata begitu ya :D
    Siplaaah ada pengetahuan baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diam diam aja loh ini kang uzay... nanti rahasianya tersebar luas :D

      Hapus
  10. kok bisa begitu... oo emangnya begitu dih...

    BalasHapus
  11. Tapi tangisanya seorang pria justru menggambarkan kejujuran daripada tangisan wanita. Wanita menangis umumnya hanya karena ingin dikasihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihh kejam sekali... diatas kan sudah disebutkan beberapa penyebab wanita menangis. Itu hanya salah satu dari banyak yang lainnya. Kebanyakan itu adalah emosi yang tidak stabil, contohnya saya. Kalau marah saya mau nangis, kalau terlalu gembira mau nangis juga. Kalau lagi sedih jadi capek mau nangis lagi :D


      Terimaksih kunjungannya sobat :)

      Hapus
  12. kunjungan perdana di blog ini.
    saya tidak pernah berfikir atau pun membaca referensi tentang hal yang satu ini. hanya merasa bahwa itu semua bagian alami dari manusia. baru tau kalo ada penelitian khusus mengapa wanita saat sensitif dalam urusan air mata.
    nice info kawan. salam blogger juga buat pengunjung blog ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya terbiasa begitu sobat, kalau ada sesuatu yang mengganjal biasanya akan saya cari tau., karena Islam mengajarkan begitu, telitilah segala sesuatunya agar bertambah pengetahuanmu.. Terimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  13. selamat malam sobat..
    setelah membaca postingan ini.
    aku jadi semakin sayang kepada kaum hawa.
    apalagi kepada calon istriku yang belum aku ketahui.. ^_^
    siapa tulang rusukku.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh, dilarang tuh... belum diketahui sudah di sayang2 :D

      Di ta'aruf dulu atuh sob :D

      Hapus
  14. nice post gan.. aku juga ga tau kenapa sering mengeluarkan air mata dalam keadaan sedih ataupun senang, terkadang aku malu saat lagi ketawa tiba2 mengeluarkan air mata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kata sobat IQ Online teh kita kebanyakan air... makanya berlimpah air mata :D

      Hapus
  15. Begitulah wanita. Sulit dimengerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah begitulah kami, habis mau apa lagi (^,^)/

      Hapus
  16. laki laki mah ngga punya prolaktin kan?kan ngga ngeluarin air susu...menggaris bawahi di paragraf sadarilah..membuat saya tertunduk dan inget sama ibu dikampung nun jauh dibekasi sonoh...
    ibu saya kangen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bekasi kampung... 4 jam juga pak dari rumah. Datang atuh sambil bawa ubi cilembu, ntar diantarin sekalian ubinya ke rumah saya yak :D

      Hapus
  17. mencoba menerka-nerka knp hingga muncul post ini (hehehe)
    1. penulisnya belum gajian jadi menangis
    2. penulisnya habis ngiris bawang jadi menangis
    3. penulisnya habis dimarahin mama nya karena disuruh makan susah jadi menangis

    hehehe just kidding :), lanjutkan perjuangan, TAKBIR..!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whaha si akhy bisa aja., malu atuh saya terbongkar rahasianya :D

      Syukron katsir pagi-pagi sudah sukses membuat saya tertawa., Barakallah ya khy... ALLAHU AKBAR..!!!

      Hapus
  18. ohh gitu yah.. kanapa mudah nangis///

    salam kenal yah?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal balik, terimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  19. wah info yg menarik :-)

    BalasHapus
  20. berarti...memang bener juga dari satu riset..kebanyakan sales tissu yg di jual di toko atau supermarket,kebanyakan para wanita yg membelinya...


    selain buat nyeka keringat juga di pakai buat biz nangis ya mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada satu kegunaan lagi yang belum disebutkan... kalau lagi pilek :D

      Makasih Mas Budi kunjungnya :)

      Hapus
  21. menangis terkadang justru bisa meringankan beban di hati. ini pengalaman saya pribadi lho...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang itu salah satu gunanya :)

      Hapus
  22. emank sdh dr sononya.., katax wanita itu menggunakan perasaannya 70% sdangkan menggunakan akalnya hny 30%, kebalik dgn laki2.., makax keduax (laki2 & wanita) bs saling melengkapi.. *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah menempatkan sesuatu sesuai dengan porsinya... setuju pokoknya sama anak Rohis :)

      Hapus
  23. yang nomor 2 -________________-a

    BalasHapus
  24. oh itu rupanya yang menyebabkan wanita mudah menangis ya sob,
    Btw ini sob, sangat menarik juga membaca postingan ini dan menambah wawasan,walaupun saya sbg lelalki.terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  25. apakah ketika seorang pria menitikkan air matanya.. lalu hal tersebut tidak bisa dibilang luapan emosi yang juga ikhlas ?!?! :( hmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari tadi pembaca pria pada protes.. hoho. Padahal maksudnya adalah alasan mengapa wanita lebih sering atau mudah menangis ketimbang pria. Jadi tidak ada larangan buat pria untuk meluapkan emosinya dengan cara menangis. Rasulullah tercinta sebagai qudwah juga kerap menitikkan air mata, tapi dalam sujud dan doanya (karena Khouf, Roja' & Mahabbah pada Ilahi Robbi) bukan karena masalah yang mendera. Dan dengan tetesan air mata yang ikhlas juga menunjukkan bahwa si-empunya mata juga memiliki hati yang lembut :)

      Hapus
  26. dengan menangis membuat hati jadi plong, lega, apalagi klo setelah lelah nangis malah ketiduran, hmmmmmmmm bangunnya pasti segar, hehehhe

    BalasHapus
  27. Oleh kenangan yang menyentuh, tangis pun menderu; oleh film yang menyentuh juga, hmm.... tanda kelembutan hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan oleh pemandangan sepintas lalu air mata juga bisa menetes jatuh. Beruntunglah orang-orang yang berhati lembut :)

      Hapus
  28. kayaknya kalo aku lebih sering yang nomor dua sama nomor lima deh... ahak, ahak,,

    BalasHapus
  29. Seorang perempuan itu lembut ya hatinya, tapi tegar dalam menghadapi jalannya hidup, oleh karenanya perempuan itu dimuliakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wanita dimuliakan salah satunya adalah karena taatnya kepada pria yang halal mendampinginya (dalam hal yang ma'rif tentu)

      Hapus
  30. menangislah, jika itu bs menenangkan hatimu..
    ^_^
    terkadang pria jg sering menangis, hanya saja pria itu mungkin lbh bs menahan air matanya utk keluar

    BalasHapus
  31. wanita itu sensitif :D . #ngaku.

    BalasHapus
  32. Menangis adalah salah satu kekuatan seorang wanita, biasanya wanita lebih tegar setelah menangis :) betul g sih? blm pernah jadi wanita

    BalasHapus
  33. Waaaa aku juga sering nangis mbak...
    Kesinggung dikit nangis, gak dibeliin sesuatu sama ibuk juga nangis!

    BalasHapus
  34. owwww begitu... dulu (waktu sma) Qu sempet heran temen-temen Qu yang wanita ribut dikit sama pacarnya nangis, (dalam hati) kenapa wanita suka nangis.... (ga sadar padal sendirinya wanita) ehheheehe..... kalau Qu sendiri jarang nangis apalagi kalo di depan orang ga bisa nangis..

    BalasHapus
  35. senjata wanita yah nangis, tapi pria jga suka menangis, tapi dalam hati nangisnya, heee :D

    BalasHapus
  36. HIkssss..aku nangisss di sinii..sangat terharu dengan postingan ini hehehehe....*kelebihan hormon nangis hadewhh kwkkw

    BalasHapus
  37. kelebihan seorang wanita... :)
    meskipun setegar apapun wanita, pasti dibarengi dengan tangisan....

    BalasHapus
  38. Ada seorang ulama yang berkata seperti ini "Wanita meletakan tangannya pada mulutnya ketika menangi. Dan lelaki pula meletakan tangannya pada matanya ketika menangis. Seolah-olah mereka tahu dari mana banyak terhasil dosa" *Dr.Khalid Abd. Aziz Muhammad Al-jubair
    Bagaimana menurut mbanya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kalau menangis gak meletakan tangan di mulut.... Tapi di dada. Kalau begitu maksudnya bagaimana? Apakah dosa saya terletak di dada (hati). Hmm, kalau dipikir2 ada benarnya juga. Sebab kalau marah saya biasanya diam. Dan mulut memang patut pun untuk dijaga... Mengenai hati itu, Saya masih kesulitan dalam tazkiyatun nufus, masih perlu dan amat perlu belajar :(


      Hapus
  39. mampir-mampir..izin nyimak ya gan...d tunggu silaturahmi baliknya :) di:

    http://jagadkawula.blogspot.com/

    BalasHapus
  40. ooh, jadi wajar ya sebenernya kalau cewe tuh suka nangis?
    aku juga suka nangis, sampe hobi kayanya, hehe apalagi pas mau dtg bulan, cengengnya menjadi jadi

    BalasHapus
  41. Penjelasan yang rinci dan shahih... Terima kasih y... Saya dah follow blog yang bagus ini... Semoga menjadi ikat ukhuwah... Salam dari Pulau Dollar

    BalasHapus
  42. hehehe, pas membaca poin ke-2 saya langsung tertawa. apa iya tangisan wanita disebabkan manipulasi?? saya kan pria dan merasa lucu saja kalo memang manipulasi itu ditempatkan pada nomor urut 2. postingannya keren banget!!!!!!!!!!!!! jempol

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Kalau saya malah sering menangis mbak...kalau saat sedih,kecewa,marah,saya sering menangis...kadang ada yg bilang air mata buaya...tetapi saya menangis bukan dikarenakan sengaja,tapi dari hati saya mbak..menuruyt mbak,cewek yg sering meenangis itu tandanya apa mbak???

    BalasHapus
  45. Saya juga mudah nangis kalau lagi lihat film yang menyedihkan apa lagi berita kayak baby sister yg kejam langsung tes air matanya kalau denger lagu menyedihkan itu kebayang sama temen temen guru guru terus nangis apa lagi ni mau wisuda

    BalasHapus
  46. Saya juga mudah nangis kalau lagi lihat film yang menyedihkan apa lagi berita kayak baby sister yg kejam langsung tes air matanya kalau denger lagu menyedihkan itu kebayang sama temen temen guru guru terus nangis apa lagi ni mau wisuda

    BalasHapus
  47. Satu lagi kurang uang jajan mereka

    BalasHapus

 

Instagram

Get My G+