Sederhanakan Penampilanmu...


Wanita Muslimah yang sadar akan berpakaian dan berpenampilan sederhana, tidak berlebih-lebihan dalam berhias, berpakaian dan berpenampilan.


“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” Al-Ahzab: 33

Allah melarang para wanita untuk tabarruj ( berhias atau berpenampilan yang ditujukan wanita kepada mata-mata orang yang bukan muhrim  ), setelah memerintahkan mereka menetap di rumah. Tetapi apabila ada keperluan yang mengharuskan mereka keluar rumah, hendaknya tidak keluar sembari mempertontonkan keindahan dan kecantikannya kepada laki-laki asing yang bukan muhrimnya. Allah juga melarang mereka melakukan tabrruj seperti tabarrujnya orang-orang jahiliyah terdahulu. Apa maksud tabarruj jahiliyah terdahulu itu?

Mujahid berkata, “Wanita dahulu keluar dan berada di antara para laki-laki. Inilah maksud dari tabarruj jahiliyah terdahulu.”

Qatadah berkata, “Wanita dahulu kalau berjalan berlenggak-lenggok genit. Allah melarang hal ini.”
Muqatil bin Hayyan berkata, “Maksud tabarruj adalah wanita yang menanggalkan kerudungnya lalu nampaklah kalung dan lehernya. Inilah tabarruj terdahulu di mana Allah melarang wanita-wanita beriman untuk melakukannya.”

Ibnu Abu Najih meriwayatkan dari Mujahid, “Janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu…” Dia (Mujahid) berkata, “Wanita dahulu berjalan-jalan di hadapan kaum (laki-laki). Itulah tabarruj Jahiliyah.”

Dan di antara kerusakan tabaruj yang paling besar adalah penyerupaannya wanita-wanita muslimah dengan wanita kafir, baik dari kalangan orang-orang nashrani maupun selain mereka, seperti dalam masalah berpakaian, dengan memakai pakain pendek dan ketat, tidak menutupi rambutnya, serta membiarkan bagian tubuhnya yang elok di pandang oleh lelaki lain, , padahal Rasulullah saw telah melarang kita untuk menyerupai orang kafir, beliau pernah bersabda:


"Barangsiapa yang menyerupai sebuah kaum maka ia sama seperti mereka". (HR Abu Dawud, Ibnu Hiban dan Imam Ahmad)

Sesungguhnya wanita muslimah akan menghiasi diri dengan perhiasan yang di halalkan dan keindahan yang telah di syari'atkan. Dia juga akan mengenakan pakaian bagus dan menarik, dengan tidak menyimpang dan berlebih-lebihan. Semuanya itu adalah kebaikan yang di halalkan oleh Allah, dan itu pula yang disebut sebagai kesedderhanaan yang di serukan dan di perintahkan oleh Islam.

Yang demikian itulah yang menjadikan perbedaan yang nyata serta menjadikan tampil beda antara wanita yang senantiasa di selimuti dengan kesederhanaan lagi bijak denga wanita yang berlebih-lebihan dan tidak bisa menggunakan akalnya karena telah di perbudak oleh dunia mode yang ala kebarat-baratan dan kemewahan.

Demikian itulah sikap wanita muslimah yang senantiasa menyadari dan memperhatikan petunjuk agamanya serta berpegang teguh pada hukum-hukum agamanya yang penuh toleransi antara sesamanya. Dimana pakaiannya bersih, bagus, menarik, rapi dan wajar yang di kenakan dengan tujuan untuk memperlihatkan dan mensyukuri ni'mat Allah dengan tidak berlebih-lebihan dan sombong serta senantiasa menonjolkan kesederhaannya.

Oleh karena itu setiap wanita muslimah di tuntut untuk senantiasa menghiasi dirinya dengan kehidupan yang penuh dengan kesederhanaan, karena Allah sendiri sangat membenci orang-orang yang suka berlebih-lebihan


10 komentar:

  1. hmm wanita wanita yg laennya juga perlu membacanya nhh

    BalasHapus
  2. wah, bener juga nih. Sebaiknya jangan bermewah-mewahan... Apalagi dandan berlebihan lalu keluar rumah, bisa mengundang syahwat bagi laki2 lain yg bukan muhrim... Ntar diliatin maraaahh... Tapi dandannya bikin orang pengen lihat, astagfirullah

    BalasHapus
  3. Wanita Muslimah memang terlihat berpenampilan sederhana, namun sangat disayang oleh Allah, apalagi selalu menjaga Auratnya dan yg lebih mengesankan bagi saya adalah bahwa wanita Muslimah selalu memiliki tutur kata yg lembut ramah dan selalu memberi senyuman yg penuh dengan lambang keimanan
    sangat bagus sobat

    BalasHapus
  4. sepertinya sekarang sulit menemukan wanita semacam itu.. miris sekali..-_-

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah dapet pelajaran,, makasih mbak sharing nya ya, as a muslimah saya juga harus banyak belajar tentang penampilan yang islami itu seperti apa :)

    BalasHapus
  6. isi postingannya sarat pelajaran.. image padda postingannya juga menarik dan lucu (langsung nunjem ke hati hahaha)

    BalasHapus
  7. Salam Blogger
    Nice Blog, Nice info...
    visit me back donk : whatskpop.blogspot.com
    sy buat blog itu krn tugas kuliah
    saling follow donk, sekalian ma social medianya jg..

    Plisss..thx

    BalasHapus
  8. setuju banget, tapi mana ayatnya kok cuma ditulis artinya saja, hehehee

    BalasHapus
  9. Saya izin copy paste tulisannya yaaa.. Terimakasih��

    BalasHapus

 

Instagram

Get My G+