Sakit, bersabar atau bersyukur?

Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah berkunjung ke rumah Ummu Sa'b atau Ummu Musayyab, maka Rasulullah bertanya, " Ada apa denganmu wahai Ummu Sa'ib -atau Ummu Musayyab- sampai menggigil begitu? "  dia menjawab, " Demam! Semoga Allah tidak memberkahinya (tidak menambahkannya) ! ". Maka Rasulullah bersabda, " Janganlah kamu mencela penyakit demam, karena dia dapat menghilangkan kesalahan (dosa-dosa) anak Adam, seperti halnya kir (alat peniup atau penyala api) membersihkan karat-karat besi! " (HR. Muslim)


Beberapa hari ini meninggalkan aktivitas blogging karena ternyata saya manusia biasa yang bisa juga terserang virus. Virus ini luar biasa mematikan! Setidaknya mematikan kreatifitas saya untuk menulis, bekerja, dan kegiatan belajar mengajar. Virus itu sekarang sedang mewabah, jadi sahabat blogger juga harus hati-hati kalau tidak mau tertular…

Virus satu ini disebut Virus Influenza. Menurut mbah gugel, begini penjelasannya :

Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae, yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Biasanya, influenza ditularkan melalui udara lewat batuk atau bersin, yang akan menimbulkan aerosol yang mengandung virus. Influenza juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan tinja burung atau ingus, atau melalui kontak dengan permukaan yang telah terkontaminasi. Aerosol yang terbawa oleh udara (airborne aerosols) diduga menimbulkan sebagian besar infeksi, walaupun jalur penularan mana yang paling berperan dalam penyakit ini belum jelas betul. Virus influenza dapat diinaktivasi oleh sinar matahari, disinfektan, dan deterjen. Sering mencuci tangan akan mengurangi risiko infeksi karena virus dapat diinaktivasi dengan sabun.

Jadilah, belakangan ini saya terlihat seperti ninja yang kemana-mana mengenakan masker. Tapi sahabat tahu tidak? Saya tidak minum obat loh… disamping saya tidak suka obat, saya juga memiliki keyakinan bahwa pada saatnya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Lagi pula kalau merunut salah satu hadist nabi, saya rasa banyak orang yang ingin sakit, kenapa? Karena sakit adalah sarana penghapus dosa!

Rasulullah Saw bersabda, "Tidaklah seorang muslim menderita sakit karena suatu penyakit melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya dengan penyakit itu, sebagaimana pohon yang menggugurkan daun-daunnya". (HR Bukhari, Muslim)



Rasulullah Saw bersabda,”Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya. (HR. Muslim)

Sakit itu adalah salah satu bukti bahwa Allah masih memperhatikan kita, Allah menegur kita saat kita tak menjaga amanat-Nya ( tubuh kita ) sehingga kita sakit. Sakit sama halnya dengan cobaan, bisa dikatakan pula sakit adalah contoh dari cobaan, kedua hal itu bertujuan menguji kemampuan kita dalam bersabar.
Di antara bentuk kesabaran terhadap takdir Allah yang mampu memberi sakit sekaligus memberikan kesembuhan adalah bersabar atas semua penyakit yang menimpa. Dan sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa kesabaran hukumnya adalah wajib.

Terdapat 4 tingkatan manusia dalam menghadapi musibah, mulai dari yang terendah sampai ke yang tertinggi:

1.      Marah & tak bersabar. Baginya dosa yang besar.
2.      Sabar. Dia telah selamat dari dosa & mendapatkan pahala karena kesabarannya
3.      Ridha terhadap musibah yang menimpa. Dia mendapatkan pahala tambahan yang jauh lebih besar daripada pahala kesabaran.
4.      Syukur. Inilah jenjang tertinggi dlm menghadapi musibah.

Semakin sakit yang kita rasakan kesabaran kita pun semakin diuji, dengan sakit seharusnya kita lebih mendekatkan diri kepada Allah, namun hal itu tak hanya saat kita sakit. Saat sakit, orang yang sabar dan kuat akan selalu memiliki harapan untuk sembuh, dan akhirnya keinginan itu akan membuat kita berusaha semaksimal mungkin agar mendapatkan kesembuhan. Dengan di ujinya kesabaran, itu akan membuat kita dapat berdiri tegak menghadapi cobaan kedepannya, dan saat kita sembuh kita akan selalu bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita.

Saat sakit bukan hanya kesabaran kita yang diuji namun kekuatan hati kita untuk melindungi dari rasa putus asa pun di uji, seperti kita tahu bahwa putus asa sangat sering terjadi saat kita mendapat cobaan. Maka saat kita dapat melewati cobaan itu dan bangkit Allah pun bangga melihat kita, namun tetaplah rendah hati karena tanpa kekuatan yang Allah berikan kita tidak akan mampu melewati cobaan dan rasa sakit itu. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari segala hal yang kita alami, terutama saat sakit dan berbahagialah saat sakit karena sakit pun nikmat dari Allah.

Karenanya, semakin lama seseorang sakit atau semakin sering seseorang tertimpa musibah maka dosa-dosa yang terhapus akan lebih banyak. Kalau begitu, orang yang terkena musibah dan penyakit sangat pantas untuk bersyukur kepada Allah.

“Jika kalian ingkar, sesungguhnya Allah Maha Kaya atas kalian. Dan Allah tidak ridha kepada hamba-Nya yang ingkar dan jika kalian bersyukur Allah ridha kepada kalian”
Az Zumar : 7



23 komentar:

  1. minum air putih yang banyak biar virusnya ilang

    BalasHapus
  2. Subhanalloh... ukhti Basta, banyak pelajaran dan hikmah disini...

    Hm, senangnya mendapatkan pengingat yang indah.. dengan sakit!
    itu artinya kita sedang dibersihkan dari dosa yaa... ^_^
    masih flu gak yaa.. shafakillah ukhti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya , sebagai alarm... maksudnya tanda-tanda agar disuruh istirahat kali ya, kebanyakan mondar-mandir soalnya ana ukht :D

      Aamiin., Jazakillahu khair ya ukht :)

      Hapus
    2. Jika aku sakit maka Allah SWT yang akan menyembuhkan ku. Bukankah sudah ada dalam kita Suci AlQuran. Sakit adalah karunia juga yang harus disyukuri dengan cara menjaga kesehatan dan mengobatinya juga sudah tertimpa. Allah SWT Maha Tahu, dan karena Allah SWT pula yang akan menyembuhkan sakit kita semua. Aminnnnnnnnnn

      Hapus
  3. hehe bagus benar. bener2 bgd makash yah sudah saling mengingatkan :)
    inilah gunanya dakwah via online...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dakwah online? jadi malu... :D

      Wa Jazakillahu khair :)

      Hapus
  4. bersabar, meskipun proses menuju kesabaran tidak sempurna, ada saja keluh kesah meskipun itu sedikit ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, tapi biar sedikit yang penting prosesnya :)

      Hapus
  5. subhanallah...
    baru tahu saya sobat, begitu kasih dan sayangnya Allah yg diberikan kpd hambaya, dibali sakit ataupun demam, dls..ternyata banyak Manfaatnya dan diampuni atas segaka dosanya

    postingan yg patut dihargai, sangat bermanfaat dan menambah motivasi sobat
    terima kasih banyak sudah berbagi ilmu yg bermanfaat
    salam sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas apresiasinya... Salam sukses juga buat sobat :)

      Hapus
  6. aku mlh skrg lg batuk nih...
    obat yg manjur apa ya?

    eh, sob mau nanya, udh follow blogku blm? aku lupa2 inget..
    kamu kan ikutan GA ku, syarat pertamanya kan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah semuanya, batuk, pusing, demam sampai keluar yang ijo-ijo juga udah. Pokoknya komplit! (ini sakit rapelan sob, setahun itu kudunya 2 kali). Ditahan aja, ntar juga sembuh sendiri :)

      Heuu... baiklah,, baiklah :D

      Hapus
  7. Asal tetap sabar dan optimis kalau kesembuhan akan segera datang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp, sabar aja.. memang tubuh itu diciptakan luar biasa keren, bisa menyembuhkan dirinya sendiri! So, keep optimis :)

      Hapus
  8. menguji kesabaran itu Mbak. flu itu nggak ada obatnya selain banyak beristirahat dan minum air putih yang banyak.

    kontemplasi kayak tulisan di atas, jarang loh Mbak yang bisa sampai kesana. hanya umat yang terpilih dan diberi petunjuklah yang mampu mengambil hikmah dengan indah. semoga kita termasuk orang2 yang beruntung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali pak... Saya malah berkeyakinan bahwa flu itu bukan penyakit, tapi malah sarana menyembuhkan. Karena cairan mukus yang terdapat di membran mukosa itu kudunya memang harus keluar karena berisi bakteri yang terpendam. Tetangga saya tidak pernah terkena flu pak, jadinya beliau terserang epilepsi, dikarenakan cairan itu mengganggu kelancaran peredaran aliran di otaknya (sok tau banget saya ya., hehe)

      Alhamdulillah, selalu ada hikmah atas segala sesuatu :)

      Hapus
  9. Subhanalloh... bLog yang bermanfaat...
    Artikelnya diiringi dengan ayat0ayat suci Al-Qur'an... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukron katsir khy sudah mampir (mudah2an nggak kena kritik bahasa arabnya ya) :p

      Salam Ukhuwah..

      Hapus
  10. postingan yang sangat bermanfaat..
    menjadi orang yang benar-benar sabar itu susah. apalagi dlm pribadi manusia sekarang ini yang lebih mengepentingkan ego-nya masing2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kata kata 'orang sono' practise makes perfect... jadi kesabaran juga butuh pelatihan :)

      Hapus
  11. Bagiku sakit itu termasuk cobaan, ujian dalam hidup yang harus kita jalani dan harus kita tempuh :)
    Niche blog

    BalasHapus
  12. Bersabar karena In syaa Allah balasannya surga :)

    BalasHapus

 

Instagram

Get My G+