GL ODOJ

Ahad, tanggal 4 May 2014 Gen-Q berkesempatan menghadiri GRAND LAUNCH ODOJ. Hayo, sobat blogger ada yang tau kah apa itu ODOJ? Bagi yang belum tahu, Gen-Q kasih tau deh... ODOJ itu singkatan dari One Day One Juz. Singkatnya, ODOJ itu adalah gerakan membaca Al-Qur'an satu hari sebanyak 1 juz, sekitar 10 lembar halaman sob! 

Hmm, berat nggak tuh segitu? Kan banyak kerjaan? Ada triknya loh, agar kegiatan ODOJ ini tidak memberatkan yaitu dengan jalan membaca setiap habis sholat fardhu 2 lembar. Nah, sholat fardhu kan ada 5 tuh! Shubuh : 2, Zhuhur : 2, Ashar : 2, Maghrib : 2 dan Isya : 2., jadi nggak berat kan... Udah gitu kalau sobat ikut komunitas ODOJ sobat bisa punya motivasi lebih. Kok bisa? Jadi gini, jika kamu sudah bergabung dengan ODOJ maka sobat akan punya grup atau kelompok yang masing-masing terdiri dari 30 orang. Satu orang 1 juz, kalau ada 30 orang maka dalam 1 grup akan menyelesaikan khataman Al-Qur'an setiap hari! Wah, Subhanallah kan...

Eh, sebenarnya Gen-Q nggak mau membahas ODOJ-nya nih, tapi Grand Launch-nya. Acara ini menurut Gen-Q sumpah keren abis! Bayangin aja... Dalam satu masjid bergema ayat-ayat Al-Qur'an dari TIGA PULUH RIBU manusia yang serentak membaca Al-Qur'an. Sampai merinding.... Suara-suara terdengar persis seperti lebah yang berdengung.

Setelah acara pembacaan selesai, dilanjut dengan testimoni dari para artis yanng juga bergabung dengan komunitas ODOJ (Hayo, sobat blogger jangan mau ketinggalan donk). Siapa aja tuh yang datang? Wuih buanyak! Ada Dude Herlino & Allysa Subandono, ada Teuku Wisnu, Baim Wong, Dini Aminarti, Umi Pipik, ada Oki Setiana Dewi juga. Sayang Gen-Q kedapatan tempat di bagian paling atas jadi nggak bisa foto-foto. Padahal datang jam 9.30 loh, tapi udah meluber gitu yang datang.
Baru setelah sholat zhuhur baru Gen-Q and Friends akhirnya dapat tempat di ruang utama (itu juga nyempil). Di acara yang live di TV One ini, dihadiri juga Ust. Yusuf Mansur, Nazarudin Umar dan Amir Faishol. Dan tau nggak sih... ODOJ dapat rekor dunia! Apaahh... iya sob, tadinya acara GL ODOJ ini akan mendapatkan piagam rekor dari MURI yang diwakili oleh Jaya Suprana. Tapi beliau mengatakan bahwan GL ODOJ ini tidak pantas mendapatkan piagam rekor Indonesia, tapi lebih pantas mendapatkan piagam rekor dunia.

Ini dia nih moment-nya saat penyampaian piagam rekor MURI untuk GL ODOJ

Serempak para hadirin meneriakan "Allahu Akbar.."
Tapi sebenarnya ada yang lebih membuat 'wow' nih... tadi tuh ditempat wudhu temannya Gen-Q menemukan sesuatu! Ada buku kecil, atau buku saku kali ya... 'Mimbar Jum'at Istiqlal' No. 791/XVI/14. Temanya "Persatuan Dalam Keberagaman Kunci Kekuatan dan Kemenangan". Eh, eh.. sobat tau nggak... masa jreng.. jreng... di belakangnya ada Iklan Buku SOLUSI GALAU-nya Ave Ry!

Waaa, Gen-Q baru tau ternyata bukunya di iklanin di Mimbar Jum'at-nya Masjid Istiqlal! Jadi terharu, mwuhuhu...
Ini dia nih, penampakannya....


Pulang hati dengan senang, dapat ilmu, dapat semangat, dan dapat makan siang gratis, hihi

Sebelum pulang Ust. Yusuf Mansur memandu para hadirin untuk bersama-sama berdoa, doa yang membuat mata para pecinta Al-Qur'an berkaca-kaca,

Allahummar hamna bil Quran
waj’alhu lana imaamau wa nuurau wa hudaw wa rahmah
Allahumma dzakkirna minhu maa nasiina
wa ’allimna minhumaa jahiilna
warzuqna tilaawatahu
aana al laili wa athrofannahar
waj’alhu lana hujjatan
Yaaa rabbal ‘alamiin...

Doa Khatam Al-Qur'an yang dibaca ketika kita telah menyelesaikan bacaan Al-Qur'an kita. Hmm, Gen-Q menjadi semakin termotivasi!  Ingin menjadi dan menjadikan sebuah era yang didalamnya bertebaran Generasi Qur'ani, Generasi Rabbani... Allahumma Aamiin

Ya Allah kasih sayangilah aku, dengan sebab AlQuran ini
Dan jadikanlah AlQuran ini sebagai pemimpin,
Sebagai cahaya, sebagai petunjuk dan sebagai rahmat bagiku

Ya Allah ingatkanlah aku apa-apa yang aku lupa dalam AlQuran
yang telah Kau jelaskan

Dan ajarilah apa-apa yang aku belum mengetahui
Dan karuniakanlah aku Selalu sempat membaca AlQuran pada malam dan siang hari
Dan jadikanlah AlQuran ini sebagai hujjah bagiku



55 komentar:

  1. Izin mampir pertamax.

    ODOJ ya? saya tahu sih, tapi saya bukan member.
    Memang berat 1 juz per hari tuh. Saya nyerah di hari ke 12.
    Biasanya dijadwal jam 5 sore, 1 juz itu sekitar 1 jam. Jadi kalo baca jam 5, beresnya sekitar maghrib.

    Sakit, sakit nerima kenyataan ini. Sering dapet sindiran yang nggak diniatkan nyindir. Beberapa ada yang bilang, online di fesbuk berjam-jam bisa, kok baca Al Quran satu jam saja nggak bisa. Online satu jam bisa, masa tilawah setengah jam aja nggak bisa.

    sedih mbak... ah, aku buka borok aku sendiri. maaf.
    -pake anonymous aja, karena terlalu malu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tau yang model gini pasti Andrenogen Tauladinoksida (Jago kan aku nebaknya) :D

      Hapus
    2. jiah....
      *keresek mana keresek? buat nutupin muka nih.

      Hapus
    3. Tuh di tas, buat naro sepatu..

      Hapus
  2. Mbaaaakk.. Aku hampir lupa doa khatam Al-Quran.. Kalo khatam kelupaan mulu. Huhuhu.. Makasih banyak uda mengingatkan ya. In Shaa Allah bisa memulai juga nantinya. Amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku tiap kali dengar doa ini bawaannya sendu, teringat masa kecil dulu mengaji... Inshaa Allah, ayo semangat (^_^)/

      Hapus
  3. Ane g bs hadir gl nya. Jauh....
    Semangat ngodoj!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruntung masih tinggal di kitaran Jakarta ane mba, yo semangat ODOJ!

      Hapus
  4. Semoga gak sampai selesai di launchingnya yg katanya keren abis :)
    mestinya dampak dari kegiatan aplikasi ini dalam kehidupan sehari-hari, karena sayang sekali kalau sudah bagus2 sering tilawah 1 hari 1 juz namun semua hanya berakhir di tenggorokkan.
    Lahirkan generasi qur'an dengan ODOJ itu baru siip.

    Dan yg jadi perhatian saya sebenarnya bukan ODOJ (Smg kegiatan ini membawa dampak kebaikan dan perbaikan). Tapiiii....... Buletin Jum'at Istiqlal hehehe....... sudah sedemikian tenarnya namun orangnya sendiri belum tahu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Gen-Q termasuk gak tuh pak? (Pakai nama yang berat 'Generasi Qur'an) ^_^ ,. Kemarin itu juga ada yang mengatakan jangan sampai ODOJ hanya sebatas kejar target, tapi bacaan aja masih belepotan.

      Kalau menurut saya, ODOJ ini adalah sebuah proses.... Tadarus, Tadabbur, Tafakur lalu DIAMALKAN

      Inshaa Allah, jika dimulakan dengan niat syi'ar yang bersih akan menghasilkan kebaikan menuju perbaikan

      Hapus
  5. semangat ODOJnya mba :D

    BalasHapus
  6. hhee, bicara 1 juz satu hari, saya juga belum pernah nyelesaian. hehe.. karna biasanya harus baca terjemahan berulang2 ukht.. buka kartu. klo baca doang gak baca terjemahan. duh, uzt Arifin pernah bilang ayo hatamin terjemahannya jgn cuma bacanya.
    heheh, aku belum hatam2 terjemahannya. biar dibaca semua kadang keloncat sana-sini.
    tpi ttep aku berusaha 1 juz satu hari meski berat, yg enak yang ngajinya udah cepet bgd, aku masih slow, klo kecepatan bibirku malah berbusa hehee.. heleh ...
    semangat, andai aku bisa ngikut ukht, pengn liat juga,

    wah modus tuh gambar di cover belakang bukumu muncul tah kak? hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku Alhamdulillah artinya sudah di khatamkan juga, itu dulu sekali aktu lulus SMA, aku penasaran sekali apa sih isi Al Qur'an itu? Kalau sekarang aku baca artinya jika aku tau ada doa disana atau sifat2 Allah... atau ada sesuatu lah disaat aku aku tilawah, mesti aku langsung lihat artinya

      Ke-modusan yang istimewa :D

      Hapus
  7. alhamdulillaah, cerah banget di sini, begitu baca optimisme untuk sehari dapet satu juz.
    saya jadi optimis bisa. makasih Mbak, saya terinspirasi sekali. semoga bisa. saya akan coba Insya Allah, setiap abis shalat 2 juz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, biar diluar mendung disini akan berusaha cerah menggugah :D

      Insha Allah bisa, azzamkan, ini juga jadi pengingat diri saya pribadi agar jangan malas2 (penyakiiit) -_-

      Hapus
    2. saya udah nyoba dua kali, abis zhuhur aja di mesjid. koq terasa berat banget tuh, hehe

      Hapus
    3. saya perasaan udah follow dari jaman dulu, koq nggak muncul tuh artikel Mbak di daftar bacaan saya. ya follow lagi aja

      Hapus
    4. Haha, Mashaa Allah... saya jadi tersapu ^^ ,. Saya kalau gak diingatkan gak bakal Folback

      Hapus
  8. Aku pengen ikutan dari dulu,,mesti gagal terus,,semoga ODOJ segera terlaksana di setiap hariku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku doakan mba, semoga segera terlaksana :)

      Hapus
  9. Dhe dari dulu pun pengen ikutan ODOJ, tapi sampe skarang belum kesampaian T_T, smoga secepatnya bisa ikutan. Aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah ikutan bakal dapat motivasi tambahan Dhe dari sesama anggota grup, seru :) Aamiin...

      Hapus
  10. ODOJ memang keren. Pengen banget bisa ikutan dan istiqomah. Haduuuh... gagal terus. TFS, ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal2 begitu... tapi Inshaa Allah lama-kelamaan terbiasa :)

      Hapus
  11. kegiatan yang sangat bagus untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz, nongkrong bareng yang berkah ^^

      Hapus
  12. Jadi pengen baca bukunya langsung nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum sampai Jerman tapinya mba... baru bookstore Jabotabek aja, semoga bisa go Internasional (Gak mau kalah sama Agnes) :D

      Hapus
  13. saya berkunjung dengaan senyuman...
    rame yg ikt acaranya ya

    BalasHapus
  14. Kami nonton LIVE GL ODOJnya, subhanallah. Semangat ber ODOJ!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoss, Live di TV One, semangat (^,^)/

      Hapus
  15. Subhanallah... pesona Qur'an begitu dahsyat... Beruntung GEN-Q bagian dari pesertanya... Salam dari Pulau Dollar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semoga mendapat bagian beserta para Hufazh dengan duduk serta bersama mereka :)

      Hapus
  16. aamiin allahuma aamiin

    subhanallah penuh ya kmaren itu sampai ke atas,biasanya lantai 1-4 itu kosong pas kajian

    *liat ditipi ga bisa ikutann dateng

    ada dude ama istrinya ya :D

    aku belum ikutan odoj uda lama diajakin tapi belum,pas sholat dzuhur ashar dikantor jd belum bisa,jadi baca sendiri aja dirumah ...

    smangaat ya,membumikan alquran,melangitkan manusia *masya allah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren quote-nya :) c'mon, being part of history by participate.... no need to late for Jannah before we have 'a rest' :)

      Hapus
  17. Bagi saya sholat fardhu, berbuat baik lebih berpahala dari cuma ngaji kejar!kejaran target juz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sholat fardhu, wajib... Mau tau sebaik-baiknya berbuat baik yang akan melipatgandakan pahala?

      Tilawatul Qur'an :)

      "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan "Alif lam mim" itu satu huruf, tetapi "Alif" itu satu huruf, "Lam" itu satu huruf dan "Mim" itu satu huruf." (HR At Tirmidzi)

      Sesudah tilawah (Tadarus) -> Tadabbur -> Tafakkur -> Amalkan deh...

      Hapus
  18. dapet pahala,makan siang gratis plus ketemu sejumlah celebritis..di tambah lagi buku sendiri nyantel di mimbar jumat... :)

    asyik dan seneng nya ya mbak..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya itu.... Luarr biasa #extraordinary banget :D

      Hapus
  19. Hebat, bukunya bisa dibuat di buku mimbar. Berarti artikelnya sungguh luar biasa manfaatnya. Kapan aku bisa ikut mejeng ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Djangkaru Bumi ganti nama ^^ ., Inshaa Allah bisa memberi manfaat... Emm, tak tau pun ^^ semangat nulis dulu :)

      Hapus
  20. Alhamdulilah semoga Allah masih memberikan karunia buat temen-temen yang udah ikut One Day One Juz di jakarta.... ternyata juga dapat Rekor MURI... semoga akhi wa ukhti yang mengekuti ini tetap istiqomah selalu...

    ane akan nyusul selanjutnya kesana... syukron ya ukhti....

    #Blogger_Yang_Menjalin_Persahabatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gak ada grup serupa ini dimanapun juga, makanya dibilang... ODOJ pantasnya dapat Rekor Dunia :)

      Aamiin, Afwan... Keep Ukhuwah (^_^)/

      Hapus
    2. bener bengat tuh... semoga Allah tetap melindungan para pengahafal Qur'an... : )

      Hapus
  21. kemarin alhamdulillah sempat mengikuti sampai habis acara ini meskipun lewat televisi mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas dari jam 1 siang berarti pak... kalau di Istiqlal mulai dari jam 7 pagi... malah ada yang mabit dari malamnya :)

      Hapus
    2. sampai ada yang bermalam antusias sekali ya mbak

      Hapus
  22. saya memang ngga gabung ke ODOJnya mbak... masih belum mampu 1 juz/hari, tapi ini mulai pelan-pelan, InsyaAllah nyampe,

    sistem bacanya, ya ngga sekaligus 1 juz, bisa keblenger nantinya, ada baiknya dibagi waktunya, setiap shalat 1 halaman bisalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir mendekati berarti... soalnya ODOJ itu tiap sholat Fardhu 2 lembar (Berarti 4 halaman), semangat terus Insya Allah lama-kelamaan terbiasa

      Hapus
  23. rame banget ya, yg ikut bnyk tp yg narsis hny sang admin hehe..
    ---
    sy baru dgr isitilah khataman grop, cz sependek yg sy tau yg disunnah itu khataman pribadi,
    lbh sunnah mana ya khataman grop atw khataman pribadi? *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya sekali2 ikutan acaranya... jadi nanti tau kriteria narsis -_- ., orang saya lagi kasih tau... kalau buku saya dipromokan di mimbar jumat masjid Istiqlal (Mau promo buku sendiri dilarang?)

      Khatam ya pasti pribadi.... karena 1 juz 1 hari, jadi khatam 30 hari atau sebulan. Maksud dari grup itu untuk lebih memotivasi karena kalau ramai2 itu lebih semangat. ODOJ ini untuk yang masih 'awam'... beda kalau yang sudah nyunnah mah...., sehari khatam ya :)

      Hapus
  24. Semoga dimudahkan oleh Alloh Ta'ala....

    BalasHapus
  25. tanggal 4 Mei lalu sy nggak bisa hadir di istiqlal nih :( ... krn ada jemput sepupu mw kerja dibekasi .... hehee

    BalasHapus

 

Instagram

Get My G+