Ukhuwah Dalam Warna


Di sini kita pernah bertemu
Mencari warna seindah pelangi
Ketika kau menghulurkan tanganmu
Membawaku ke daerah yang baru
Dan hidupku kini ceria

Kini dengarkanlah
Dendangan lagu tanda ikatanku
Kepadamu teman
Agar ikatan ukhuwah kan
Bersimpul padu
(Brother)

Duh, duh... Tiap kali mendengar lagu milik Brother ini disenandungkan, Gen-Q tidak pernah bisa menahan senyum. Sebuah syair tentang Ukhuwah, persahabatan yang menjemput persaudaraan hingga waktu tak terkatakan.

Tidak terhitung banyaknya kajian yang membahas tentang Ukhuwah. Maka dari itu Gen-Q ingin berbagi tentang ukhuwah yang penuh warna, dimana dalam jalinannya terdiri dari warna-warna khas. Warna yang mencerminkan karakter seseorang. Karena tentunya yang disebut ukhuwah itu terdiri lebih dari satu orang yang asal-usulnya pun beragam.

Sobat, dalam ukhuwah kita akan mendapati banyak sekali perbedaan. Perbedaan fisik, perbedaan budaya sampai perbedaan pemikiran. Lalu bagaimana kita mensikapinya? Ya tentu saja dengan jalan saling kenal mengenal, seperti ayat dibawah ini;

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal....." (QS  Al Hujuraat : 13)

Karena dalam perkenalan akan menumbuhkan pemahaman lalu terciptalah persaudaraan yang erat dengan dikokohkan oleh saling tolong-menolong. Perbedaan-perbedaan itu selayaknya warna-warni. Salim A. Fillah dalam bukunya “Saksikan bahwa Aku Seorang Muslim” mengatakan;

Tentang warna-warni itu? Ya, Islam tidak menghapus karakter-karakter khas pribadi pemeluknya yang tidak bertentangan dengan ‘aqidah. Islam justru membingkainya menjadi kemuliaan karakter yang masing-masing berkontribusi dalam peradaban yang menyejarah.

Indah bukan? Islam sama sekali tidak menafikan perbedaan 'warna', bahkan membingkainya menjadi satu keselarasan warna yang diikat kedalam satu ikatan kokoh, Ukhuwah Islamiyah. Karena masing-masing warna tentu memiliki keunikan tersendiri yang dengannya masing-masing dari kita akan saling melengkapi.

Warna-warni yang memiliki makna... Nah, sobat kira-kira berada dalam warna apa? Check yuk!

Merah, sang berani. Pemimpin diantara yang lainnya. Karakter yang terwakili biasanya tegas, keras, berani dan tak pantang menyerah. Sering kali terlihat egois dan mau menang sendiri tapi tetap bisa bijaksana dalam menyikapi keadaan..

Jingga, si lembut. Selalu berusaha untuk menenangkan. Kalem dan pemalu. Jingga selalu terlihat menyenangkan dan mendamaikan. Tipe yang gampang “dibodohi” karena kepolosannya..

Kuning, sang pencerah suasana. Lincah, tak kenal henti dalam bergerak. Selalu berusaha riang dimana pun dan kapan pun berada. Terkadang menyilaukan tapi selalu ditunggu kehadirannya. Sering kali memusingkan orang lain karena perilakunya yang terlalu ribet..

Hijau, si teduh. Damai dan dapat membuat suasana menjadi hidup. Selalu peduli sesama dan sangat peka. Mementingkan orang lain dari pada kepentingan dirinya sendiri. Sang penengah suasana. Terkadang lupa akan kebutuhan dirinya sendiri..

Biru, yang tenang namun mendalam. Tempat sejuk, sesejuk langit ketika memandangnya. Tempat yang cocok jika kau ingin didengarkan. Selalu terbuka untuk menerima orang lain. Terkesan menutup diri karena tidak bisa mengungkapkan segala sesuatu yang dirasanya..

Ungu, si kompleks. Perpaduan antara biru dengan merah. Di satu sisi punya keberanian tapi terkadang lemah dalam mempertahankan pendapatnya. Sang kompetitif sejati. Selalu bisa hidup dimana pun ia berada..

Pernah lihat pelangi kan.... Warna-warni pantulan cahaya itu menjadi terlihat indah karena sejajar. Begitu pula dalam ukhuwah kita, tidak akan sedap dipandang jika terdapat warna yang mendominasi. Justru karena masing-masing memiliki keunikan tersendiri perbedaan warna itu terlihat indah. Jika kita menikmatinya dan membuatnya menjadi bagian dalam hidup kita. Saling mengerti tentang kondisi teman–teman dan saudara–saudari kita adalah hal yang wajib untuk kita lakukan jika kita ingin menjadi pelangi. Maka biarlah warna–warni itu tetap hadir dengan kekhasannya.Membawa kebahagiaan bagi orang-orang yang memandangnya.

Teruntuk sahabat-sahabatku, yang mengajarkan arti ukhuwah bukan melalui teks buku

Ukhtuna, Ana Uhibbukum Fillah!

"Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam" (HR. Bukhari & Muslim)


43 komentar:

  1. hampir setahun tidak kesini, tetapi tulisannya tetap bermanfaat dan penuh makna :)
    dan Dhe suka juga dngan lagu di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya yg jaga panggung deh

      Hapus
    2. Wahhh, mb Sun masih ingat Gen-Q ^^

      Oke, saya bagian kostum >.<

      Hapus
  2. ga kebayang jika dunia ini hanya satu warna saja...indahnya warna-warni....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayangin aja nonton teve Item Putih zaman jadul pak ^^

      Hapus
  3. Kalau coklat makanya apa ya ? memang hidup ini penuh warna. Maka nabi mengajarkan untuk hijrah agar kita bisa mengetahu bahwa hidup di bumi ini luas. kita akan menemukan perbedaan. Dan perbedaan itu justru menimbulkan keindahan. Perbedaan bukan berarti permusuhan. Betul ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coklat itu adanya dibawah pak... karna sewarna dengan tanah, jadi gak temenan dia sama pelangi, hoho ^_^v ,. Karena coklat warna tanah, jadinya dia down to earth :)

      Betul, betul, betul...

      Hapus
  4. Naysid dri brother liriknya memang sangat menyentuh semua... sy juga penggemarnya nih...hehehe, salam ukhuwa fillah.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mah taunya yang ini aja, itu juga karna baca bukunya akh Salim ^^ ., Salam ukhuwah, Fillah Lillah :)

      Hapus
    2. hehee, sip gak msalah ..... :)

      Hapus
  5. Aku suka banget tulisan yang pake analogi. Termasuk postingan ini :)
    Semua warna punya karakternya masing-masing tapi masih bisa berpadu dan keliatan harmonis. Sungguh perumpamaan yang ngena banget, Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya sangat setuju komen ini. bener banget

      Hapus
    2. saya pun ikut setuju dengan komen mas zac

      Hapus
    3. saya ngga ikutan bapak yang berdua itu, tapi mau ikut komentarnya neng beby azh ah.

      Hapus
    4. Kenapa sih kalian bertiga? Hahah.. :D
      Maaf Mbak, cubitin aja satu-satu :p

      Hapus
    5. Hey, kalian.... Ada apa ini ramai-ramai? Penghuni rumahnya baru kelar jalan-jalan. Ayolah dikocok arisannya ^^

      Hapus
  6. saya suka biru, padahal saya beranian loh orangnya. terutama berani nekad, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya suka pink, tapi saya juga beranian kok :p

      Hapus
    2. Wahhh, sama tuh pak, Biru mania... tapi saya suka juga hijau muda (Bukan daun muda ya) :D

      Saya juga berani, berani dirumah sendiri :p

      Hapus
  7. hanya saja aku buta warna. jadi agak susah membedakan warna :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rapopo, jadi hemat beli teve yang item putih aja...

      Hapus
  8. Balasan
    1. Putih background saya Viiiiinn......

      Hapus
  9. dunia ini memang penuh warna-warni...dan warna-warni itu menjadi indah bila saling melengkapi sesama warna...btw-saya suka warna merah kuning dan hijau.....
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Warnanya di borong pak Har semua... Yess, yess, salam pun dari rumah ^^

      Hapus
  10. hijau sebenarnya bkn warna asli/primer krn campuran biru dan kuning.. saya sih suka hijau,jadi secara ngg langsung suka biru dan kuning juga.3 unsur dalam 1 warna :)
    visit back ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya suka hijau muda, tapi menghindari kuning... Baiklah :)

      Hapus
  11. hadir kembali menyapa sahabat :-)

    BalasHapus
  12. kunjungan pertamax ni sob... tapi insyallah bukan terakhir ya sob,amiieen

    BalasHapus
  13. Datang berkunjung juga nih, sambil menikmati artikelnya :)

    BalasHapus
  14. wah, baru masuk blog ini ternyata isinya adem banget. hihii. penuh nasihat indah dan quote2.. salam kenal ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kalah adem pokoknya sama Korea ^^ Salam kenal juga...

      Hapus
  15. kakak saya rindu Gen-Q :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kangen Miz Tia.... #hug >.<

      Hapus
  16. "Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga"

    merasakan :) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lagi migrain nih, ikutan merasakan donk biar berbagi :p

      Hapus
  17. dalam QS Al Hujuraat : 13 sudah sangat jelas, tinggal kita lah yang mengaplikasikan ukhuwah itu sendiri...
    semoga kita sebagai muslim di dunia bisa menjalin ukhuwah...
    terima kasih yaa...

    #Blogger_Jujur

    BalasHapus
  18. senang bisa berkenalan dengan ave :)

    rainbow we make it

    smua warna itu saling melengkapi ya ve :)

    *salam ukhuwah

    BalasHapus
  19. Seandainya kita bisa saling menghargai & menghormati segala perbedaan yang ada, nanti pelangi ga cuma ada di langit tp di bumi jg ada :)

    Selamat beraktivitas kawan & sukses selalu dimanapun kita berada:)

    BalasHapus
  20. Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan. izin nyimak ya gan dan jangan lupa update terus artikelnya.
    Belajar Search Engine Optimization

    BalasHapus
  21. Dengan berwarna maka semakin indah ya, Mbak.

    BalasHapus

 

Instagram

Get My G+